genset lovol
Promo

Tips Menjaga Genset Agar Tetap Awet dan Beroperasi Baik

Genset telah digunakan oleh masyarakat sebagai solusi keadaan darurat jika aliran listrik tidak ada. Dari toko yang jual genset lovol online hingga jenis lainnya, tersedia di banyak tempat. Genset sendiri merupakan mesin pembangkit listrik berbahan bakar. Daya listrik yang dihasilkan bervariasi dari daya rendah, daya yang setara dengan daya listrik rumah, hingga di atas daya rata-rata. Semakin tinggi daya tentunya semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan. Agar mesin tetap awet dan performanya tetap terjaga, berikut cara menjaga genset dengan baik.

Tips Menjaga Genset Agar Tetap Awet dan Beroperasi Baik

1. Nyalakan dan Matikan Genset Sesuai Prosedur

Genset tidak bisa sembarangan dihidupkan dan dimatikan. Ada prosedur tersendiri seperti mengecek oli, bahan bakar dan juga bagian mesin lain, dan menurunkan beban agar mesin dingin setelah dimatikan. Jika tidak mengikuti prosedur, maka mesin akan lebih cepat rusak dan aus. Mesin yang tidak terjaga otomatis akan mempengaruhi performa genset. Bisa saja mesin terhenti saat tengah dijalankan.

2. Selalu Ganti Oli Secara Berkala

Agar mesin tidak cepat aus, oli mesin harus sering diganti dan di cek apabila lumasan pada mesin masih belum cukup. Mesin genset yang berjalan dengan pelumas yang tidak memadai dapat menimbik mesin bekerja lebih keras. Salah satu indikator mesin kekurangan oli ialah bunyi mesin yang lebih keras dari biasanya karena bagian mesin saling bergesekkan. Ganti oli minimal sebulan sekali untuk menjaga performa genset. Juga cek oli sebelum menyalakan genset agar genset tidak berjalan dengan keadaan kekurangan pelumas.

3. Dinginkan Mesin Setelah Pemakaian

Saat genset sudah selesai digunakan, genset tidak boleh langsung dimatikan namun harus didinginkan terlebih dahulu. Pertama-tama turunkan breaker pada genset terlebih dahulu. Kemudian kosongkan beban dan matikan mesin. Mesin akan kaget jika tiba-tiba dimatikan. Agar mesin tidak cepat rusak dan tidak macet saat dijalankan, pastikan untuk mematikan dengan prosedur yang benar. Mesin yang dijalankan terlalu lama juga akan membuat mesin cepat rusak. Pastikan genset ditempatkan di ruangan dengan suhu ruangan atau sedikit lebih dingin agat mesin tidak terlalu panas.

4. Bersihkan Mesin Dari Noda

Setelah pemakaian yang lama, plak-plak bisa saja muncul dan menghambat kinerja genset. Plak-plak itu bisa saja dari oli yang kering, jamur, hingga debu. Jika dibiarkan plak-plak tersebut bisa menganggu performa genset. Genset akan berbunyi lebih keras atau lebih cepat panas jika kotor. Oleh karena itu, mesin perlu lebih sering dibersihkan agar tetap licin dan bersih. Dengan begitu, tidak ada noda yang menghambat jalannya motor mesin. Untuk membeli genset yang mudah perawatannya, bisa beli di eragenset.com. Selain jual genset lovol, berbagai genset yang ditawarkan dipastikan masih baru.

Informasi mengenai genset lovol : https://eragenset.com/produk-kami/lovol-genset/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *