baju tidur anak
Tips

Langkah Mencuci Baju Tidur Anak Agar Tidak Mudah Rusak

Duniabaca.id – Tidur merupakan istirahat wajib yang dianjurkan kepada setiap orang, bahkan sesibuk apapun Anda tetap dianjurkan untuk istirahat guna mengembalikan tenaga yang sudah hilang, dengan istirahat secara cukup juga membantu untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hanya saja terkadang bagi sebagian orang tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang memadai, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah ranjang yang digunakan atau salah dalam memakai pakaian untuk tidur. Faktanya tidak semua jenis pakaian memang layak digunakan untuk istirahat. Lebih dianjurkan memakai pakaian tidur, mulai dari baju tidur anak hingga untuk orang dewasa semuanya dijual di pasaran.

Baju untuk tidur ini di desain secara khusus, dari beberapa jenis bahan yang halus dan juga diimbangi model yang memberikan kenyamanan atau keleluasaan dalam bergerak. Sehingga tidak heran jika seandainya pakaian lain tidak akan senyaman piyama atau baju tidur ketika dipakai beristirahat. Apalagi jika dilihat sebagian besar dari kain untuk pakaian tidur ini dilengkapi dengan berbagai macam fungi pendukung lainnya, lebih cepat menyerap keringat hingga hangat dipakai saat udara dingin.

Baju tidur anak  ini menjadi salah satu koleksi penting yang harus ada di lemari, khusus untuk menunjang istirahat mereka agar lebih lelap. Jenis pakaian tidur biasanya memang dibuat dari bahan-bahan yang lebih lembut dan tipis layaknya sutera hingga silk, bahan yang membutuhkan perawatan khusus.

Tips mencuci baju tidur anak

Berikut ini tips merawatnya sehingga tidak mudah rusak, yaitu:

1. Suhu air

Perhatikan suhu air yang dipakai, bahan-bahan tipis semacam silk, sutera hingga spandex yang umum dipakai dalam pembuatan pakaian tidur memiliki ketahanan yang rendah terhadap air panas, sehingga kurang cocok jika Anda mencucinya dengan suhu yang tinggi, lebih aman dicuci menggunakan air dingin saja untuk menjaga kualitas kain tidak mudah rusak.

2. Mencuci dengan tangan

Mencuci dengan tangan jauh lebih dianjurkan, cara lainnya adalah dengan mencuci dikucek tangan, bukan dengan mengandalkan mesin. Bahan yang tipis jika terlalu lama dicuci dalam mesin cuci maka akan mudah sekali rusak karena bagian pori-porinya terbuka kian lebar. Belum lagi beberapa jenis bahan layaknya katun yang nantinya akan melar jika terlalu lama ada dalam mesin cuci. Untuk itu lebih dianjurkan menguceknya menggunakan tangan, apalagi pencucian mengandalkan tangan memungkinkan lebih bersih hasilnya karena bisa dilihat langsung.

3. Jemur di tempat yang teduh,

Terpapar sinar matahari secara langsung berpotensi untuk merusak bagian serat kainnya, untuk itu lebih dianjurkan menjemurnya di tempat yang teduh saja. Umumnya bahan-bahan tersebut cukup diangin-anginkan maka sudah bisa membuatnya kering sempurna. Jadi tidak dibutuhkan waktu yang lama dalam pengeringan. Jangan mengeringkan menggunakan mesin cuci.

4. Suhu setrika.

Perhatikan suhunya ketika menyetrika, untuk membuat pakaian tetap halus tanpa lecek, maka menyetrika ini menjadi proses penting yang harus dilakukan. Namun hati-hati jangan sampai suhu setrika yang terlalu tinggi membuat pakaian terbakar, untuk itu pakailah suhu terendah, untuk beberapa jenis bahan layaknya kain sutera, dianjurkan menyetrika dengan dilapisi kain lainnya, karena mudah sekali terbakar.

Itulah panduan perawatan dan mencuci baju tidur anak secara tepat. Dengan memberikan pakaian tidur terbaik maka bunda juga tidak perlu terbangun setiap malamnya karena buah hati yang rewel, mereka akan tertidur lebih lelap sepanjang malam. Perhatikan juga kondisi suhu di dalam kamarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *