bayi
Promo

Yuk, Kita Kenali Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Dari Usia 1 – 5 Bulan

Duniabaca.id – Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kehamilan merupakan sebuah momen yang paling membahagiakan didunia bagi para calon ibu. Ya, jelas saja akan merasa senang, sebab sebentar lagi kita akan di anugerahi seorang anak. Namun yang jadi pertanyaannya, apakah bunda sudah tahu tentang pertumuhan dan perkembangan janin selama kehamilan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Janin di Usia 1 Bulan

Janin yang berusia baru berumur 1 bulan ini sebenarnya masih berbentuk embrio, dimana embrio tersebut memiliki ukuran sebesar biji kacang hijau. Pada intinya, di usia 1 bulan ini belum terlalu ada perubahan yang signifikan, sehingga bunda akan terlihat seperti orang yang belum hamil. Nah, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin di usia 1 bulan ini, bunda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat seperti susu khusus ibu hamil, telur rebus, ikan salmon, kacang-kacangan, umbi-umbian, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Janin di Usia 2 Bulan

Nah, saat memasuki usia yang ke 2 bulan, barulah embrio tersebut akan mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang tentunya akan berubah menjadi janin cikal bakal buah hati bunda. Perkembangan tersebut juga dibarengi dengan perubahan lainnya seperti system jaringan kulit yang mulai terbentuk, system indera yang mulai terbentuk, hingga bagian tangan dan siku yang sudah terbentuk. Tak hanya itu saja, ada bagian organ tubuh dan jaringan tubuh janin yang juga sudah mulai terbentuk. Biasanya hal tersebut akan memicu perubahan hormone pada ibu hamil, sehingga bunda akan merasakan beberapa gejala seperti morning sickness, perubahan fisik, dan sebagainya.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Janin di Usia 3 Bulan

Di usia yang ketiga bulan, biasanya janin yang ada dalam kandungan akan mengalami perkembangan yang sangat terlihat jelas. Hal itu bisa dilhat dari ukuran dan berat janin yang terus bertambah. Menurut dokter kandungan, bunda akan merasakan pergerakan halus dari janinnya lho. Adapun mengenai bagian sel-sel syaraf janin yang sudah termabung pada system syaraf otak. Bagian system organ juga sudah mulai terbentuk sedikit demi sedikit, sehingga dapat menjalankan fungsinya masing-masing.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Janin di Usia 4 Bulan

Pada tahap yang ke 4 bulan inilah Sang Pencipta baru akan meniupkan ruh kedalam janin, sehingga bunda sudah dapat melihat jenis kelamin dari calon jabang bayinya. Tak hanya itu saja, perkembangan tersebut juga akan terjadi pada system organ janin yang sudah terbentuk dan sudah dapat berfungsi. Dengan demikian, maka jangan heran jika bunda akan merasakan pergerakkan yang sangat hebat di dalam perut.

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Janin di Usia 5 Bulan

Memasuki usia kehamilan yang ke 5 bulan ini, maka bebot badan dan ukuran tinggi janin akan mengalami peningkatan yang lebih lagi. Berdasarkan dari pernyataan dokter kandungan, yang menyebutkan bahwa di usia 5 bulan ini berat janin diperkirakan sekitar 290 gram, sedangkan tinggi janinnya sekitar 25 – 26 cm. Sebenarnya perkembangan pada fase 5 bulan ini sudah sangat terlihat jelas, dimana system organ tubuh bagian luar dan dalamnya mulai terbentuk sehingga dapat berfungsi dengan maksimal untuk menuju bentuk sempurna.

Itulah tahap pertumbuhan dan perkembangan janin mulai dari usia 1 – 5 bulan. Dengan mengetahui perkembangannya, tentu saja bunda akan lebih siap lagi menjelang proses persalinannya nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *