Kesehatan

3 Jenis Makanan yang Menjadi Sumber Probiotik

Probiotik untuk Kesehatan Saluran Cerna

Probiotik adalah bakteri atau mikroorganisme yang dapat untuk mencegah dan mengobati penyakit. Terutama manfaat probiotik untuk kesehatan saluran cerna karena dapat mengobati diare dengan optimal. Probiotik juga dapat untuk mengobati konstipasi yang dirasakan sehingga mengurangi rasa nyeri. Oleh karena itulah bagi Anda yang mempunyai masalah pencernaan bisa untuk segera mengkonsumsi obat yang mempunyai kandungan probiotik. Obat tersebut bisa dibeli di Go Apotik atau juga cara lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan sumber probiotik. Seperti misalnya 3 jenis makanan seperti berikut ini:

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber probiotik untuk kesehatan saluran cerna yang paling terkenal. Sehingga apabila mengalami masalah gangguan pencernaan bisa untuk mengkonsumsi yogurt yang mudah didapatkan di apotik ataupun minimarket. Yogurt ini merupakan susu yang mempunyai kandungan probiotik lactobcillus dan juga acidophilus. Sehingga kedua bakteri tersebut bisa digunakan untuk mengurangi masalah pencernaan yang dirasakan. Selain yang paling mudah didapatkan di banyak tempat, yogurt juga bisa dibuat sendiri di rumah sehingga akan mempunyai rasa sesuai dengan keinginan.

  1. Tempe

Bahan makanan selanjutnya yang merupakan sumber probiotik dan dapat untuk mengobati masalah saluran pencernaan adalah tempe. Tempe merupakan makanan yang sehari-hari dikonsumsi oleh masyarakat dan bisa dibuat dengan banyak resep dan olahan. Tempe juga kaya akan probiotik karena merupakan fermentasi dari kacangan kedelai. Dari cara fermentasi tersebut tempe mempunyai kandungan banyak vitamin B12. Sehingga bagi Anda yang ingin mengkonsumsi bahan makanan yang kaya probiotik dapat memilih tempe untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Kimchi

Dan bahan makanan terakhir yang bisa dikonsumsi sebagai sumber probiotik yang tinggi untuk mengatasi masalah pencernaan adalah kimchi. Bahan makanan ini merupakan makanan khas dari Korea sehingga bisa ditemukan di restoran Korea atau juga bisa di bikin sendiri di rumah. Kimchi merupakan makanan dari bahan sawi yang dicampur dengan jenis sayuran lainnya untuk kemudian di fermentasi. Kinchi ini mengandung banyak bakteri yang bermanfaat untuk tubuh dan juga mengandung beta carotene, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *