Kesehatan

7 Manfaat Daun Jarak Untuk Bayi Yang Perlu Ibu Ketahui

Minyak jarak menurut beberapa ahli dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk mengurangi penggunaan bahan tambang yang sekarang ini memang sudah sangat langka. Ini pastinya akan menjadi angin segar karena akan dapat mengurangi kegiatan ataupun aktivitas pengerukan lahan untuk mengambil hasil dari alam seperti minyak bumi. Daun jarak ini selain dikembangkan untuk bahan bakar tetapi juga banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Biasanya tanaman jarak akan dimanfaatkan sebagai tanaman pagar, dan termasuk kedalam jenis tanaman perdu yang masih banyak ditemukan di pedesaan dengan mudah. Tanaman jarak ini selain menjadi tanaman pagar tetapi juga sering dijadikan minyak jarak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yang sering dimanfaatkan dari tanaman jarak ini adalah daunnya yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Selain itu juga daun jarak ini memiliki banyak manfaat untuk bayi yang baru lahir. Berikut beberapa manfaat daun jarak untuk bayi yang perlu ibu ketahui diantaranya yaitu :

  1. Dapat Mengatasi Keputihan Pada Lidah

Biasanya lidah bayi akan tampak terlihat putih lantaran adanya sisa ASI yang menempel. Oleh karena itu untuk mengatasinya ibu bisa memanfaatkan daun jarak dengan cara meneteskan getahnya pada lidah bayi. Keputihan yang menempel pada lidah bayi ini biasanya akan dikeluarkan bersama sama dengan air liur yang dikeluarkan bayi.

  • Dapat Meredakan Demam Pada Bayi

Pada saat si kecil sakit demam juga, ibu bisa memanfaatkan daun jarak untuk mengobatinya, ini akan sama manfaatnya dengan bawang putih untuk mengobati demam. Biasanya terjadinya demam ini akan menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan lain yang bisa diobati dengan memanfaatkan daun jarak. Cara memanfaatkannya adalah daun jarak dibasuh hingga bersih, lalu setelah bersih tempelkan pada area dahi dan ubun ubun bayi hingga meredanya demam.

  • Dapat Mengatasi Perut Kembung

Sejak dulu daun jarak ini sudah dimanfaatkan para ibu untuk mengobati perut kembung yang dialami bayinya, dan ini akan sama manfaatnya dengan sagu untuk kesehatan tubuh. Cara mendapatkan manfaatnya adalah terlebih dahulu daun jarak dipanggang hingga layu. Setelah daun jarak tersebut layu berikan sedikit minyak kelapa lalu tempelkan daun jarak tersebut diatas perut si kecil supaya perut kembung dapat teratasi.

  • Dapat Mengatasi Luka Atau Iritasi  

Biasanya kulit bayi yang cenderung sensitif akan mudah mengalami iritasi dan lecet, baik karena terkena gesekan dengan kain baju yang digunakan, lingkungan ataupun yang lainnya. Ini akan sama dengan memanfaatkan minyak tawon untuk kulit bayi, dimana daun jarak ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka atau iritasi yang dialami. Cara memanfaatkannya adalah daun jarak ditumbuk hingga halus lalu oleskan pada kulit bayi yang bermasalah, setelah itu bayi akan sembuh dalam beberapa waktu.

  • Dapat Mengobati Masuk Angin Yang Dialami Bayi

Daun jarak ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam saja, karena ibu juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati masuk angin yang dialami si kecil. Setiap orang tua pastinya akan merasa khawatir pada saat bayinya mengalami masuk angin, karena si kecil akan rewel tiada hentinya. Cara memanfaatkannya adalah daun jarak dibersihkan terlebih dahulu lalu dipanggang diatas api hingga layu. Kemudian daun jarak tersebut dilumuri dengan sedikit minyak kayu putih. Lalu tempelkan daun jarak tersebut pada area punggung, perut, dan dada bayi.

  • Dapat Mengatasi Diare Yang Dialami Bayi

Salah satu jenis gangguan kesehatan yang cukup sering dialami bayi adalah diare. Untuk mengatasi diare yang dialami bayi ini bisa dengan memanfaatkan daun jarak, dan ini akan sedikit berbeda dengan manfaat buah delima untuk anak anak. Cara memanfaatkannya sangatlah mudah yaitu cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke daun jarak. Kemudian daun jarak yang telah diolesi minyak kelapa itu dipanggang diatas api hingga daun jarak tersebut tampak layu. Setelah itu daun jarak ditempelkan pada bagian atas perut hingga meredanya diare yang dialami si kecil.

  • Dapat Mengatasi Susah BAB

Cara memanfaatkan daun jarak untuk mengatasi susah BAB ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan memanaskan daun jarak diatas kompor. Setelah itu oleskan minyak telon ke daun jarak yang telah dipanaskan tadi. Kemudian daun jarak diletakkan diatas perut bayi lalu bungkus dengan menggunakan gurita atau kasa gulung.

Banyak sekali kan manfaat yang bisa ibu ambil dari daun jarak ini? Beberapa manfaat daun jarak diatas tidak hanya dapat diaplikasikan kepada bayi saja, karena para orang dewasa juga bisa merasakan manfaat daun jarak. Orang dewasa tersebut bisa memanfaatkan daun jarak untuk mengatasi gangguan kesehatan yang sama pada bayi ataupun mengatasi gangguan kesehatan yang lainnya. Memang manfaat daun jarak ini sudah banyak digunakan orang sebagai tanaman herbal. Oleh karena itulah tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup ini banyak dicari orang karena dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Tanaman jarak ini memiliki banyak manfaat mulai dari buah, biji, dan daunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *