Blogger

Pinjam Online Untuk Kebutuhan Mendesak, Apa Syaratnya?

https://lh3.googleusercontent.com/l6t8vZMid0LbggeKIApcgH26Oq9-Ex2ecWzpWzPx_K6xb7FQdlJGC5FZFh4MeL-0ugL3GbvyK9iRxD1DQmo8uvUTfkRtsNnAecXyfxU6YMHrUkB28cybdlfyLNwI16RvAlZF2g6h

Pinjam online harus diakui menjadi salah satu solusi praktis saat membutuhkan uang tunai. Di samping itu, proses pencairan pun tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Hanya butuh beberapa menit pendaftaran kemudian mengajukan pinjaman, dana tunai bisa segera digunakan.

Lain halnya dengan pinjaman yang diajukan ke bank. Selain syaratnya cukup banyak, proses pinjaman pun membutuhkan waktu yang cukup panjang. Terlebih jika pinjaman kecil di bawah Rp1 juta saja tidak akan dilayani.

Memang benar bahwa bunga bank jauh lebih rendah. Kadang-kadang hanya 1% saja per bulan. Namun, mengingat prosesnya yang cukup panjang serta pengajuan yang belum pasti disetujui, akhirnya masyarakat banyak yang beralih mengandalkan pinjam online dari beberapa fintech yang ada.

Salah satu fintech pinjam online terpecaya yang memberikan berbagai macam produk termasuk pinjaman tunai secara online adalah Kredivo. Kredivo memiliki reputasi baik bahkan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Terdaftarnya Kredivo dalam daftar OJK menjadi salah satu bukti bahwa pengajuan uang tunai lewat Kredivo dijamin aman. OJK punya beberapa aturan dasar yang wajib dipatuhi fintech seperti menjaga kerahasiaan data nasabah serta tidak boleh menjual data tersebut pada pihak ketiga.

Nah, pasti makin penasaran juga dong apa aja sih syarat bisa mendaftar lewat Kredivo? Cukup mudah kok.

  • Kamu harus berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Punya penghasilan tetap minimal Rp 3.000.000 per bulan

Syarat utama ini bukan tanpa alasan lho. Ini juga penting agar tidak terjadi kredit macet. Sehingga fintech tetap bisa beroperasi dan menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan pinjaman tunai.

Lalu bagaimana caranya mendaftar di Kredivo. Cukup download saja dulu aplikasinya di Google Play Store maupun App Store. Setelah itu tinggal ikuti saja prosedur pendaftarannya dengan sangat mudah.

  1. Buka aplikasi Kredivo
  2. Pilih akun Premium
  3. Foto KTP (Data harus terlihat jelas)
  4. Foto selfie diri dengan wajah terlihat jelas
  5. Sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi sebagai bukti alamat
  6. Hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan
  7. Tunggu konfirmasi dalam waktu 1×24 jam

Dari data yang sudah disubmit, Kredivo akan menganalisanya. Kemudian kamu akan mendapatkan notifikasi persetujuan beserta jumlah kredit limit yang diberikan. Kredit limit dari Kredivo bisa dikatakan paling besar di antara fintech lainnya. Nominalnya hingga Rp30 juta.

Tapi, jangan geer dulu ya. Lembaga keuangan pun punya hitungan khusus soal besarnya limit atau pinjaman ini. Seperti bank saja hanya akan membatasi pinjaman sebesar 4 kali sepertiga gaji atau pendapatan bulanan calon debiturnya.

Bedanya, mekanisme penilaian di bank dilakukan secara manual. Sedangkan Kredivo sudah menggunakan machine learning sehingga bisa menganalisa lebih cepat. Ini juga yang membantu proses pendaftaran maupun persetujuan lebih cepat daripada di bank.

Kredivo punya dua produk pinjam online yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Untuk pinjaman mini bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp500 ribu dengan pembayaran dalam waktu 30 hari. Sedangkan dengan pinjaman jumbo, kamu bisa mengajukan mulai dari Rp1 juta dengan waktu pembayaran antara 3 atau 6 bulan.

Bunga yang diberikan pun relatif lebih rendah dibandingkan dengan fintech lainnya. Malahan jika di rata-rata, bunga Kredivo 50% jauh lebih rendah dibandingkan dengan lembaga pinjam online non bank lainnya.

Proses pencairan dana pun bisa kurang dari 3 menit saja. Tinggal ajukan berapa nominal yang kamu butuhkan, isi nomor rekening yang akan ditransfer, dan tunggu persetujuan dalam beberapa menit. Saat disetujui, uang akan langsung ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan.

Dengan demikian, jika kamu memang membutuhkan dana tunai dalam kondisi mendesak. Coba saja dulu pinjam lewat Kredivo. Syaratnya mudah dan prosesnya juga cepat.      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *