Bunda Harus Tahu! Inilah Cara Menjaga Kesehatan Kandungan

Kesehatan ibu hamil tentu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin dalam kandungannya. Apabila kondisi kesehatan ibu hamil memburuk, maka kondisi janinnya pun akan ikut memburuk. Bahkan, janinnya juga bisa jadi tertular penyakit dari ibunya lho! Maka dari itu, sangat penting bagi bunda untuk mengetahui cara menjagakesehatan kandungan selama kehamilan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan-makanan Bergizi

Menurut para dokter kandungan, yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan bergizi selama kehamilan dapat mendorong perkembangan otak janin, berat lahir yang sehat, serta mengurangi resiko berbagai cacat lahir. Tak hanya itu, dalam aspek kesehatan ibu hamil, makanan yang bergizi juga bisa mengurangi risiko penyakit anemia dan beragam gejala kehamilan negatif lainnya, seperti morning sickness dan kelelahan. Adapun mengenai berbagai jenis makanan bergizi yang bagus untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

  • Protein : daging tanpa lemak, ayam, telur matang, tahu, produk kedelai, dan kacang-kacangan
  • Vitamin C : buah jeruk, buah strowberri, dan tomat
  • Kalsium : susu yang sudah dipasteurisasi, susu kedelai, sawi, dan kangkung
  • Zat besi : ikan salmon, kacang merah, kale, dan brokoli
  • Lemak sehat : minyak zaitun, buah alpukat, dan biji-bijian
  • Asam folat : kacang polong, bayam, buah pepaya, dan buah pisang
  • Zinc : udang, kepiting, tiram, dan jahe.

2. Meminum Vitamin Prenatal

Perlu bunda ketahui, vitamin prenatal mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil maupun janin. Meski asupan nutrisinya sudah terpenuhi dari makanan-makanan bergizi, namun vitamin ini dapat memberikan nutrisi tambahan lho. Pasalnya, sebagian besar vitamin prenatal memiliki kandungan asam folat. Suplemen asam folat yang diminum beberapa minggu sebelum kehamilan, dan selama 12 minggu pertama kehamilan yang terbukti dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Tak hanya itu, bunda juga akan terhindar dari anemia defisiensi vitamin B12atau folat. Dalam hal ini, sebaiknya bunda konsultasikan dulu dengan dokter kandungan untuk menentukan jenis vitamin yang tepat. 

3. Melakukan Olahraga Ringan

Selain aman dilakukan, olahraga ringan juga tentunya sangat bagus untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Berolahraga selama 30 menit dalam sehari memiliki beragam manfaat bagi ibu hamil, yang diantaranya adalah:

  • Meningkatkan sirkulasi dan pernafasan
  • Memperkuat otot dan daya tahan tubuh
  • Mengurangi stress
  • Meningkatkan energy
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Mengurangi sakit di bagian punggung
  • Meringankan masalah sembelit.

4. Buang Kebiasaan-kebiasaan Buruk

Menerapkan gaya hidup sehat sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Sedari itu,  ibu hamil sangat disarankan untuk segera membuang kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok dan minuman beralkohol. Mengapa demikian? Pasalnya, kebiasaan buruk tersebut bisa memicu berbagai masalah serius seperti keguguran, persalinan premature, kecacatan lahir, hingga kematian. 

5. Melakukan Pemeriksaan Prenatal

Tips menjaga kesehatan kandungan berikutnya yang harus bunda ketahui, yakni melakukan pemeriksaan prenatal. Ya, dengan melakukan pemeriksaan prenatal secara rutin, maka dokter kandungan bisa memantau kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Jika pun ada masalah yang terjadi, maka dokter akan langsung melakukan penanganan yang tepat. 

Itulah beberapa tips mengenai cara menjaga kesehatan kandungan bagi ibu hamil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *