Cara Membuat Tempura Udang Ala Jepang

Resep Tempura Udang ala Marugame Udon, Bisa Makan Sepuasnya

Tempura adalah salah satu masakan jepang yang sangat populer dan terkenal yang dinikmati oleh banyak orang diseluruh dunia. Direstoran jepang di indonesia pasti selau menghidangkan tempura udang dan tempura sayuran. Selain dihidangkan sendiri, tempura udang juga disajikan di atas rice bowl atau biasanya menjadi tamabahan untuk udon. Dijepang tempura biasanya disebut dengan sebutan ebi no tempura (海 老 の 天 ぷ ら) atau Ebi Ten (え び 天). Ebi artinya udang dan ten berasal dari tempura. Seafood sering dijadikan sebagai bahan pembuatan tempura selain sayur mayor. Dan di antara makanan laut lainnya, udang adalah seafood paling populer untuk dijadikan sebagai tempura. Tempura udang adalah olahan udang dari jepang yang sangat populer di indonesia. Saat kita memesan tempura udang di restoran jepang, biasanya udang dilapisi dengan remah-remah tempura yang renyah. Metode memasak tempura ini disebut dengan hanaage (花 揚 げ) , hana artinya bunga dan age artinya menggoreng. Mengapa bunga karena saat adonan tempura dimasukan ke minyak panas, ia akan mekar seperti bunga. Nah untuk kalian yang ingin membuat tempura udang yang enak, pada artikel kali ini kami akan memberikan cara membuat tempura udang yang enak, rahasia membuat lapisan kulit yang renyah da ringan, tidak menyerap minyak saat digoreng. Penasaran? Yuk lihat resep dan cara membuat tempura udang dibawah ini.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat tempura udang

  • 10 udang (Biasanya, Black Tiger Prawn digunakan untuk tempura udang di rumah, Japanese Tiger Prawn yang lebih mahal digunakan di restoran khusus tempura di Jepang, jika tidak ada kalian bisa menggunakan udang dengan ukuran besar)
  • tepung kentang / tepung maizena
  • minyak sayur dan minyak wijen (untuk menggoreng, minyak sayur: minyak wijen = 10: 1)

Adonan Tempura: (telur + air: tepung = 1: 1)

  • 1 telur besar
  • 200 ml air es
  • 1 cangkir tepung serbaguna (tepung terigu) (120 g)

Saus tempura:

  • ¾ cangkir dashi (kaldu sup Jepang) (180 ml atau ¾ cangkir air + 1 sdt dashi)
  • 3 sdm kecap
  • 2 sdm mirin (opsional)
  • 2 sdt gula pasir
  • 2 inci lobak lobak (5 cm parut dan peras hingga kering)

Cara membuat tempura udang

  1. Kumpulkan bahan-bahan saus tempura.
  2. Campurkan dashi, kecap, mirin (boleh di skip), dan gula ke dalam panci kecil dan didihkan. Kemudian kecilkan api dan biarkan mendidih hingga gula benar-benar larut. Angkat dari api dan sisihkan.
  3. Kumpulkan bahan adonan Tempura.
  4. Ayak tepung kedalam mangkuk besar
  5. Tambahkan telur ke dalam air yang sangat dingin pada mangkuk yang berbeda. Kocok adonan telur dengan kuat dan buang busa di permukaannya.
  6. Tuang adonan telur secara perlahan ke dalam tepung. Aduk adonan tapi jangan terlalu mencampur, tidak apa-apa jika ada sedikit gumpalan di adonan. Jaga agar adonan tetap dingin sepanjang waktu. Buat adonan tepat sebelum menggoreng untuk menghindari aktivasi gluten gandum.
  7. Taburkan tepung kentang (atau tepung maizena) di atas udang. Ini akan membantu udang menempel pada adonan tempura.
  8. Lapisi udang dengan adonan.
  9. Goreng udang sampai berwarna cokelat keemasan, sekitar 2 menit. Jangan memadati wajan (panci) karena suhu minyak akan turun dengan cepat. Jangan terlalu lama memasak udang, jika tidak, teksturnya akan keras dan kering. Pindahkan Tempura Udang ke piring yang dilapisi dengan tisu untuk menguras minyak berlebih.
  10. Parut lobak dan peras cairannya.
  11. Sajikan tempura udang dengan saus tempura hangat dan parutan lobak di sampingnya. Masukkan sedikit lobak parut ke dalam saus celup dan celupkan tempura ke dalam saus untuk dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *