Cara Menyiasati Belanja Harbolnas 2020 Supaya Kantong Nggak Jebol

https://lh3.googleusercontent.com/LzZC-kOHSYgNugCO96OFCduUaqUUkR658xZ8TqwuTPXk7N-LqSp-pcTzOa4vjGwdLICsyzx8JkRz8uJnthBa7nafIi0me5FDF-5A9b7YNlSFD8-1mpsHDUApwVQj8D4eXxW3qb9b

Jelang akhir tahun, masyarakat kembali dimanjakan dengan aneka tanggal cantik mulai 10.10, 11.11, hingga yang terakhir nanti di 12.12 dalam bentuk harbolnas di berbagai e-commerce. Tidak tanggung-tanggung, promo yang ditawarkan begitu masif mulai dari cashback, e-voucher, promo kartu kredit, dan lainnya dengan persentase lebih dari 50%. 

Bahkan, aplikasi kredit HP tanpa DP dan kredit online barang lainnya yang berbunga rendah seperti Kredivo, juga ikutan promo harbolnas dengan mengadakan cicilan 0% spesial bagi penggunanya. Yang awalnya, nyicil barang pakai Kredivo bunganya cuma 2,6% tanpa uang muka dengan opsi tenor 3/6/12 bulan, di tanggal 11 – 13 Desember 2020 nanti, pengguna Kredivo bisa cicilan 0% tanpa uang muka untuk barang idamannya di ratusan merchant rekanan Kredivo. Mulai dari Tokopedia, Blibli, Bukalapak, JD.ID, dan masih banyak lagi. 

Di tengah banyaknya tawaran promo, mungkin kamu bakal bingung atau bahkan kalap belanja nih saat harbolnas. Padahal, di tengah pandemi, kita masih harus berhemat ketat dan selektif dalam mengeluarkan uang, lho. Tapi jangan khawatir, ada cara yang bisa kamu lakukan supaya tetap bisa menikmati euforia harbolnas 2020 tapi nggak bikin kantong jebol. Berikut ini ulasannya. 

Lakukan riset promo yang tersedia di e-commerce

Promo yang ada pada setiap e-commerce pastinya berbeda-beda. Mulai dari persentasenya sampai aturan untuk menggunakan promo tersebut. Biasanya, jauh-jauh hari atau satu bulan sebelum hari H, berbagai e-commerce yang mengadakan promo harbolnas sudah memasang dan menginfokan sneak peek promosinya di laman website, aplikasi, media sosial, SMS, sampai mengirimkan email ke pelanggannya. 

Nah, kalau mau tau e-commerce mana yang mengadakan promo harbolnas paling gokil dan maksimal, maka kamu perlu meluangkan waktu buat riset & mencatat! Daripada telanjur beli barang di e-commerce A, tau-taunya e-commerce B promonya lebih besar dan lebih menarik? Malah jadi nyesel, kan. Plus, buat kamu yang ngincar harbolnas di Desember nanti tapi belum langganan email e-commerce terkait, sekarang waktu yang tepat! Sebab, biasanya penawaran promo khusus dan spesial akan diberikan e-commerce melalui newsletter. 

Periksa daftar kebutuhanmu dan sesuaikan dengan promo tersebut

Sebagian besar orang mungkin menjadikan harbolnas sebagai momen berburu barang yang sudah lama diidam-idamkan dengan harga miring atau belanja kebutuhan bulanan agar bisa hemat lebih banyak. Kalau kamu, termasuk yang mana? 

Nah mulai dari sekarang, yuk tentukan barang apa yang sudah lama jadi impian atau jadi kebutuhan dan mau dibeli saat harbolnas? Yang perlu dicatat: sesuaikan juga dengan bujet dan promo yang tersedia.

Misalnya: kamu pengen ganti HP dari Android ke iPhone 8 yang meskipun bukan seri terbaru tapi spesifikasinya masih sangat kekinian. Langkah berikutnya, kamu bisa mencari promo di e-commerce yang khusus untuk gadget saat harbolnas. Sebab, tidak semua e-commerce punya promo untuk gadget saat harbolnas di Desember nanti. Kalau sudah tahu e-commerce mana yang punya promo gadget, maka kamu bisa fokus belanja tanpa terdistraksi promo lainnya. 

Setiap promo gadget biasanya punya syarat dan ketentuan ketat yang harus dipenuhi. Contohnya: promo hanya berlaku untuk gadget tipe A, B, C, promo hanya berlaku dengan pembayaran via fintech aplikasi kredit HP tanpa DP seperti Kredivo, promo hanya berlaku untuk kartu kredit, dan masih banyak lagi. Pelajari syarat dan ketentuan tersebut dan pastikan kamu bisa memenuhinya. Misalnya, kalau mau kredit pakai aplikasi seperti Kredivo, maka kamu harus daftar akun lebih dulu lewat aplikasinya (download di Google Play Store atau App Store). Jangan sampai pas hari H harbolnas, kamu jadi nggak bisa pakai promonya karena belum daftar atau memenuhi syarat ya. Rugi deh!

Masukkan produk ke wishlist dan aktifkan fitur reminder

Setelah menentukan produk apa yang mau dibeli saat harbolnas, masukkan produk tersebut ke dalam wishlist di akunmu. Jangan lupa, aktifkan juga fitur reminder pada wishlist tersebut supaya saat hari promonya tiba, kamu nggak kelupaan. Kalau e-commerce yang kamu pilih nggak menyediakan fitur reminder, cara lainnya, kamu bisa memasang reminder atau alarm di HP sesuai tanggal harbolnasnya. 

Pilih dan gunakan metode pembayaran yang benefitnya paling besar

Ketika harbolnas, kamu bisa juga lho dapat promosi double. Biasanya, selain memberikan potongan langsung berupa voucher atau kode promo, berbagai e-commerce juga bermitra dengan banyak kanal pembayaran seperti kartu kredit sebagai promosi tambahan. Makin banyak promo yang bisa didapat dalam satu kali checkout, kamu bisa jadi makin hemat. Kuncinya: jeli melihat peluang namun tetap bijak dalam eksekusinya, ya. Jangan jadikan harbolnas sebagai ajang kalap atau checkout semua wishlist meskipun ada fasilitas kredit. Prioritaskan barang yang sudah lama diinginkan atau yang benar-benar dibutuhkan kalau mau kantong tetap aman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *