Solusi Dari Berbagai Masalah yang Ditemukan pada Oppo A5

main image

Ponsel pintar oppo A5 merupakan ponsel hasil riset yang sudah bertahun-tahun dilakukan. Prototype pendahulunya yang keluar di pasaran memang memiliki beberapa kekurangan yang mencolok. Namun pada seri ini semua kekurangan tersebut telah berhasil diperbaiki. Namun tidak sedikit masalah baru yang muncul pada seri baru ini.

Masalah yang Sering Terjadi Pada Oppo A5 2020 Terbaru

Ada beberapa masalah baru yang juga sering terjadi pada banyak pengguna ponsel ini. Memang tidak pernah ada ponsel yang benar-benar sempurna, namun ketika menemukan sebuah masalah akankah lebih baik jika bisa diselesaikan sendiri. Berikut ini adalah beberapa permasalahan dasar yang sering ditemui pada ponsel ini.

  • Ponsel Lambat

Ini adalah salah satu masalah utama bahkan pada ponsel pintar baru. Pengguna sering mengeluhkan lambatnya performa ponsel karena berbagai alasan. Salah satu yang paling mencolok adalah banyaknya aplikasi bawaan tidak berguna dan juga aplikasi tambahan dari distributor.

Untuk mengatasi problem ini pengguna tentunya harus menghapus semua aplikasi yang dirasa tidak berguna. Kemudian pengguna juga bisa mengembalikan launcher dari ponsel pada mode default untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan saat ponsel ini bekerja.

  • Bluetooth Gagal Tersambung

Bluetooth memang salah satu metode interkoneksi yang sangat universal. Tanpa adanya bluetooth terkandan mensinkronisasikan ponsel dengan perangkat eksternal akan lebih sulit. Ponsel ini memiliki permasalahan dimana bluetooth seringkali gagal tersambung pada perangkat eksternal lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini pengguna bisa mengupdate OS dari ponsel jika memang bluetooth benar-benar tidak bisa tersambung pada perangkat eksternal sama sekali. Jika yang terjadi adalah pengiriman file corrupt maka melakukan restart ponsel biasanya bisa menjadi solusi paling mudah untuk mengatasinya.

  • Sinyal Tiba-Tiba Hilang

Akan sangat mengganggu jika ponsel sedang digunakan namun tiba-tiba sinyal hilang. Masalah seperti ini memang tidak hanya terjadi pada ponsel ini melainkan berbagai macam ponsel lain yang memiliki daya baterai tinggi. Salah satu penyebab utama dari hal ini adalah overheat.

Jika baterai ponsel terlalu panas maka antena yang letaknya juga ada pada bagian bawah ponsel akan terganggu performanya. Biasanya ini terjadi saat ponsel terlalu lama digunakan untuk bermain game. Solusinya adalah mematikan ponsel sejenak 5 hingga 10 menit, atau menghidupkan ulang ponsel.

  • Mati Mendadak

Problem mati mendadak ini mungkin akan banyak terdengar di jajaran ponsel berkapasitas baterai 5000 mah keatas. Hal ini masih sangat lumrah karena ponsel dengan daya baterai sebesar itu memang rentan terhadap suhu tinggi dari baterai dan juga komponen lain.

Solusi untuk mencegah ponsel mati mendadak adalah tidak menggunakannya saat sedang diisi daya. Oppo menerapkan pengamanan anti overheating yang akan secara otomatis mematikan ponsel ketika suhu terlalu tinggi. Hal ini bukanlah sebuah kerusakan namun langkah pencegahan dari oppo sendiri.

  • Baterai Cepat Habis

Masalah yang satu ini memang langka terjadi namun tidak menutup kemungkinan anda mengalaminya. Kadang baterai ponsel A5 ini cepat habis karena hal yang tidak masuk akal. Padahal ponsel digunakan dalam kondisi siaga namun daya baterai terkuras dengan cepat.

Biasanya hal ini terjadi karena ada salah satu aplikasi pihak ketiga yang berjalan tanpa sepengetahuan anda. Solusinya adalah mengecek semua aplikasi dan menghapus aplikasi yang sekiranya mencurigakan dan tidak pernah anda unduh. Dengan begitu masalah ini bisa teratasi dengan mudah.

Barang buatan manusia memang tidak pernah sempurna. Oleh karena itu problem pasti ada saja yang ditemui oleh para pengguna. Hingga saat ini oppo A5 tidak pernah ada problem yang terlalu kritis sehingga membuatnya cacat produk. Ponsel ini masih tergolong ponsel yang recomended untuk anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *