Saran Nyaman Berkendara Untuk Pengendara Mobil Pemula

Baru bisa menyetir mobil? Belajar menyetir mobil tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa, terutama untuk varian otomatis. Kamu bisa menguasainya kurang dari 3 hari saja. Sisanya kamu bisa mengejar jam terbang untuk memberikan kenyamanan berkendara. Namun banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara pemula kendaraan roda empat ini. Hal ini disebabkan euphoria baru bisa menggunakan kendaraan dan juga masih kurang menguasai setir dengan baik.

Indonesia sendiri menyarankan kepemilikan SIM A atau ijin mengemudi mobil diberikan untuk usia 17 tahun. Jadi kamu bisa memiliki KTP, SIM A, dan SIM C sebagai ulang tahun usia legal kamu. Kegiatan kepemilikan SIM sendiri melalui serangkaian tes dan juga persyaratan yang terbilang melelahkan. Jadi jika kamu lulus SIM nantinya, kamu bisa memahami tata aturan lalu lintas dengan baik dan mengemudi dengan benar.

Jadi, adakah saran mengemudi yang diberikan untuk pengemudi pemula? Tentu saja ada. Berikut merupakan saran penting yang bisa dilakukan untuk pengemudi pemula dalam mengendarai mobil :

1.    Memahami dengan baik sistem operasional kendaraan

Dalam mengemudikan mobil, ada baiknya kamu memahami dengan baik dan benar sistem operasional kendaraan yang digunakan. Dimana sistem operasional sendiri meliputi sistem kemudi, fitur kendaraan hingga sistem transmisi kendaraan. Terutama jika kamu hendak menggunakan car sharing, yang bukan kendaraan keseharian yang kamu gunakan. Maka ada baiknya mencoba berbagai fiturnya on the spot sebelum menggunakan car sharing untuk mengaspal.

2.    Menghindari distraction saat berkendara

Pengendara pemula biasanya jam terbangnya masih minim dan memerlukan fokus yang tinggi pada berbagai keadaan yang ada di depannya. Sebab itu, ada baiknya saat berkendara, kamu fokus ke jalan dan tidak melakukan berbagai kegiatan yang membuat fokus kamu pecah seperti bermain ponsel, senda gurau, hingga mendengarkan music kencang. Terlebih jika menggunakan car sharing yang merupakan mobil sewa.

3.    Mengemudi dengan kecepatan sedang

Kebiasaan buruk pengemudi mobil pemula adalah mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi. Kegiatan ini mampu membuat kamu rentan terkena potensi kecelakaan karena masih minim jadwal terbang. Jadi, saat mengemudikan car sharing, ada baiknya menaati rambu lalu lintas. Gunakan kecepatan sedang dan sesuai aturan bersama car sharing kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *