Cara Memasak Ikan Mas

main image

Salah satu makanan sumber vitamin dan protein adalah ikan. Ikan mas merupakan salah satu ikan yang paling disukai. Harga ikan mas di pasaran mulai dari 35 ribu rupiah. Yuk simak Cara memasak ikan mas

1. pepes ikan mas

Bukan hanya digoreng, ikan mas juga cocok diolah jadi pepes. Menu khas Sunda ini mempunyai rasa yang sedap penuh dengan bumbu. Bukan cuma itu, tekstur dagingnya juga lembut dan bumbu yang meresap.

Pertama belah ikan menjadi 2 bagian, jangan sampai putus. Buang sisik dan dalaman perutnya. Cuci bersih ikan dengan air mengalir. Lakukan beberapa guratan di badan ikan. Lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan meresap dan sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, garam, dan gula yang sudah dihaluskan dan sedikit minyak hingga wangi. Matikan apinya. Masukkan ikan ke dalam tumisan bumbu. Lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu sampai merata. Ambil daun pisang. Tata ikan bersama daun salam, serai, rawit, tomat, daun kemangi, dan daun bawang.

Simpan semua sisa tumisan bumbu di atasnya. Balut dengan rapi, semat kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Kukus pepes dengan api sedang selama 1 jam 30 menit. Angkat. Panaskan wajan datar dan panggang pepes selama kurang lebih 10 menit, sambil dibolak-balik hingga daun pisangnya kering. Siap disajikan.

2. arsik ikan mas

Arsik ikan mas adalah Ikan mas berbumbu kuning khas Batak yang sangat istimewa, dipadukan dengan aneka rempah dan bahan unik seperti andaliman, asam patikala, bunga kecombrang, serta lokio (daun bawang batak). Pertama bersihkan isi perut ikan mas dan buang insangnya. Sisik ikan tidak perlu dibersihkan. Cuci bersih ikan, dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit. Campur sedikit bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, serai, dan garam ke dalam perut ikan. Masukkan juga sedikit kacang panjang ke dalamnya.

Siapkan kuali. Susun serai, lengkuas, asam gelugur, asam cekala, bunga kecombrang, dan andaliman di dasar kuali. Simpan ikan mas di atasnya. Tuang sisa bumbu halus dan ratakan. Tuang air sampai menutupi ikan (sampai ikan terendam seluruhnya). Tutup kuali lalu masak dengan api kecil-sedang. Ketika air berkurang setengahnya, masukkan daun bawang batak atau lokio dan sisa kacang panjang. Tutup kuali lagi dan lanjutkan masak. Masak sampai air mengering selama kurang lebih 2 jam. Siap disajikan.

3. ikan mas sambal pencit

Ikan memang paling enak dibakar dengan beragam bumbu. Cara membuat ikan mas sambal pencit yakni pertama haluskan bumbu ikan bakar, dan baluri dengan jeruk nipis. Lalu haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, kemiri bakar, dan garam. Balurkan ikan dengan bumbu halus. Tutup dalam wadah masukkan ke dalam kulkas sampai 15 menit. Setelah 15 menit, bakar ikan, olesi sisi ikan dengan mentega. Bakar sampai kedua sisinya matang. Angkat dan sisihkan.

Untuk sambal pencit. Haluskan cabe merah besar, cabe rawit, bawang putih, terasi bakar, gula merah, jeruk lemon dan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tuang air jeruk lemon. Aduk rata sampai harum dan matang. Masukkan mangga muda yang diiris korek api. Beri garam dan gula. Aduk rata. Angkat. Taruh ikan di atas daun, padukan dengan sambal pencit di atasnya. Ikan mas bakar siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *