Mengenal Brokoli, Sayuran Berbentuk Unik, Lezat Dan Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Brokoli bisa saja disebut sebagai superfood. Disebut dengan superfood karena sayuran satu ini yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan. Brokoli sendiri erat hubungannya dengan kubis dan juga dikategorikan tanaman hijau untuk dapat dimakan. Selain itu, sayuran brokoli dikenal juga sebagai sayuran yang hangat dan terasa lezat juga. Apa lagi harga brokoli juga tergolong terjangkau.

Sayuran Brokoli Sebagai Sayuran Superfood Yang Kaya Nutrisi

Selain lezat dijadikan masakan, sayuran brokoli juga kaya akan puluhan nutrisi. Bahkan nutrisi dari sayuran brokoli bisa setara dengan banyak sayuran lain. Maka karena alasan itu, sayuran brokoli dijuluki sebagai sayuran superfood. Di samping itu, brokoli kaya manfaat berkat dari kandungan nutrisi yang perlu kita ketahui juga apa saja. Di dalamnya sayuran brokoli, sangat beragam macam nutrisi seperti vitamin, antioksidan dan mineral.

Sayur ini memiliki kalori rendah juga tapi mengandung banyak antioksidan yang bisa mendukung kesehatan manusia. Dari banyaknya manfaat yang terkandung pada sayuran brokoli, banyak mereka dari seluruh dunia yang menjalani pola makan lebih sehat dengan disertai brokoli. Jadi bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di luar negeri juga banyak yang menikmati sayuran brokoli tersebut. Sebagai makanan populer yang dikonsumsi, sayuran brokoli bisa dikonsumsi misal dengan dikukus, diolah menjadi suatu masakan dan direbus. Tetapi agar lebih lezat, maka biasanya sayuran brokoli diolah dengan ditumis. Selain itu, sayuran brokoli juga bisa menjadi bahan campuran dari sup hangat.

Mengenal Manfaat Kesehatan Yang Bisa Didapat Dari Sayuran Brokoli

Karena brokoli ini diperkaya vitamin C dengan banyak antioksidan, maka brokoli tersebut sangat bagus sebagai anti-penuaan. Antioksidan sayuran brokoli bisa membantu untuk melawan serangan berbahaya radikal bebas. Sehingga sayuran brokoli bisa bertanggung jawab untuk atasi tanda-tanda terjadinya penuaan. Radikal bebas memang sering kali merusak kulit dengan berbagai tandanya. Makan brokoli dengan secara teratur bisa membantu mengurangi kerutan, garis-garis halus, dan masalah kulit lainnya. Seperti misal jerawat, pigmentasi dan lainnya bisa diatasi secara alami dengan konsumsi sayuran brokoli. Seperti banyak jenis makanan sehat lainnya, brokoli ini dikemas dengan adanya serat yang bisa mengeluarkan kolesterol.

Serat di dalam brokoli bisa membantu untuk mengikat asam empedu pada saluran pencernaan. Hasilnya membuat pengeluaran komponen kolesterol keluar dengan mudah. Dari sebuah penelitian mengenai sayuran brokoli ini, ada varietas brokoli yang bisa membantu untuk mengurangi kolesterol LDL di dalam darah hingga mencapai 6 persen. Manfaat kesehatan lain dari sayuran brokoli yaitu bisa mencegah masalah pencernaan yaitu sembelit. Jika BAB terganggu karena sembelit, maka kita harus tahu bagaimana cara mengatasinya karena hal tersebut cukup berbahaya. Konsumsilah sayuran dengan berserat tinggi termasuk sayuran brokoli. Sehingga mampu mencegah adanya potensi sembelit.

Manfaat kesehatan lain dari konsumsi sayuran brokoli bahkan termasuk juga menurunkan potensi atau risiko terkena kanker. Seperti yang kita ketahui, kanker ini sangat berbahaya dan sebisa mungkin setiap manusia harus bisa mencegah kanker dengan berbagai cara. Brokoli bisa melawan kanker tersebut dan juga sekaligus meningkatkan kekebalan. Selain sayuran brokoli, sayuran sekeluarga lain seperti misal kembang kol, dan kubis bisa juga dikonsumsi. Brokoli dan keluarganya mengandung khasiat untuk menghabiskan estrogen dan biasanya hal tersebut bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh. Di samping itu, brokoli mengandung antioksidan juga untuk membantu mencegah kerusakan sel. Salah satunya ialah sulforaphane, yaitu senyawa yang terkandung belerang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *