Memilih Bawang Putih Berdasarkan Jenisnya

Memilih bawang putih bukanlah pekerjaan yang rumit. Karena bahan yang termasuk bumbu ini dapat awet dalam waktu lama serta tidak rentan rusak. Namun, tentu ada hal yang dapat dijadikan perhatian sebelum membeli bahan masakan ini. Salah satunya adalah jenis. Ingin tahu apa saja jenis bawang putih? Berikut pembahasannya.

  1. Jenis Lokal

Jenis satu ini terbilang cukup sulit ditemukan di pasaran. Hal ini sebab produksinya yang terbatas. Namun, ketika harga bawang impor tengah melambung, maka jenis lokal ini yang akan banyak dicari di pasaran.

Misalnya, ketika sedang Lebaran, jenis lokal ini menjadi incaran khalayak. Perbedaan dibandingkan dengan jenis lainnya yakni penampilannya yang tampak sedikit lebih kusam. Meski demikian, jenis ini tetap memberikan cita rasa tajam.

Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, jenis ini diyakini mempunyai khasiat untuk tubuh. Menggunakan bahan ini sebagai bumbu pada masakan mampu meningkatkan kesempurnaan cita rasa. Rasa gurih serta aroma khas dapat terasa di sebuah makanan. Namun, masih terdapat banyak manfaat lainnya dari bawang putih.

  1. Jenis Lanang

Mempunyai perbedaan yang lumayan terlihat daripada jenis  lainnya. Jenis lanang ini mempunyai satu siung saja. Hal ini membuat jenis lanang kerap disebut dengan bawang putih jenis tunggal. 

Selain itu, fungsinya pun tak sama dibandingkan dengan jenis bahan ini pada umumnya. Jenis lanang digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan hingga meredakan berbagai penyakit. 

Salah satunya ialah kolesterol, darah tinggi, flu ringan, dan masih banyak lainnya. Hal ini disebabkan terdapat kandungan minyak yang tinggi pada bawang. Ini menjadikan aroma bawang sangat khas. Amat cocok Anda gunakan sebagai bumbu masakan. 

  1. Varietas Kating

Untuk jenis kating, bawang putih ini asalnya dari Tiongkok. Jenis kating sangat banyak digemari oleh khalayak khususnya masyarakat Indonesia. Lantaran aroma serta rasanya yang cukup kuat. 

Ciri dari jenis kating ini adalah ukurannya yang lebih kecil. Namun jenis ini mempunyai siung yang berukuran besar. Pada bagian dalam bawang atau dagingnya mempunyai tekstur yang padat serta basah. Sementara pada bagian kulit luarnya mempunyai warna putih bersih serupa kertas.

  1. Varietas Shin Chung

Tak dipungkiri lagi, bila melihat dari namanya pun Anda pasti sudah tahu jika jenis ini juga asalnya dari Tiongkok. Jenis satu ini dapat dikatakan alternatif pengganti jenis kating. 

Walau aromanya tak setajam jenis kating, shin chung juga mempunyai cita rasa yang kuat. Ciri dari jenis bawang ini mempunyai siung yang kecil. Selain itu juga memiliki tekstur yang menyerupai jenis kating.

  1. Varietas Hitam

Jenis ini biasanya ditemukan di toko-toko bahan makanan Korea. Cita rasa bahan jenis hitam mirip buah prem ditambah sedikit rasa cuka. Varietas satu ini dikenal memiliki tekstur kenyal layaknya buah kering. Bila di keluarga Anda ada yang tidak suka bahan masak ini, coba berikan varietas hitam. Minta mereka untuk mencobanya.

Kenyataannya rasa jenis hitam cukup unik serta agak sulit dideskripsikan. Warna hitamnya adalah efek dari cara pembuatannya. Varietas hitam terasa sedikit pahit, agak manis, ditambah rasanya kasar seperti ada kandungan karamel.

Jenis bawang ini dapat digunakan dalam saus maupun sebagai hiasan salad serta daging. Namun beberapa orang memanfaatkan juga untuk hidangan utama dan dessert.

Sekarang Anda sudah tahu jenis-jenis bawang putih, perbedaannya, sekaligus manfaat dari masing-masing jenisnya? Nah, pilihlah jenis bahan yang sesuai selera serta kebutuhan. Sesuaikan pula jenis masakan yang akan Anda hidangkan dengan bahan masakan ini. Sekarang Anda bisa memilih dan beli secara online, lho. Salah satunya lewat TaniHub. Baik via aplikasi maupun web. Belanja kebutuhan makanan sehari-hari kini lebih mudah, praktis, dan produknya dijamin fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *