Cara kerja Oxygen Concentrator Portable

main image

Oxygen concentrator portable merupakan alat medis yang digunakan sebagai alat bantu pernapasan. Alat ini berfungsi dengan cara mengirimkan oksigen murni yang bisa membantu seseorang ketika mengalami masalah pernapasan. Saat ini ada wabah penyakit bernama covid 19, atau corona virus tahun 2019. Wabah ini sudah menyerang hampir di seluruh dunia. Dengan sebutan pandemi corona, ada banyak kasus yang terjadi dan efek yang dihasilkan dari virus tersebut. Virus covid menyerang pernapasan, terutama pada paru-paru. Jika seseorang terserang virus corona, maka akan menyebabkan terganggunya pernapasan dan membuat paru-paru menjadi infeksi atau berwarna putih. Dengan kata lain, pasien tersebut mengalami pneumonia atau bisa jadi sesak nafas. Jika sudah mengalami gejala tersebut, pasien membutuhkan alat bantu pernapasan yang bisa menyelamatlkan hidupnya, agar bisa bernapas kembali dengan normal dan sehat paru-parunya. Karena oksigen yang dibutuhkan harus murni, maka kita bisa menggunakan oxygen concentrator portable. Alat ini lebih baik dibandingkan dengan tabung oksigen, karena tidak perlu mengisi ulang tabung dan alatnya juga tidak terlalu besar.

Sebelum menggunakan oxygen concentrator portable, kita harus dapat ijin dari dokter yang menangani penyakit kita. Sehingga dokter bisa memberikan resep kepada pasien yang sudah menjalani beberapa evaluasi dari dokter. Alat tersebut juga akan diberikan petunjuk langsung oleh dokter, agar kita dapat menggunakannya secara efektif pada saat di rumah atau ketika berpergian. Untuk cara kerja dari oxygen concentrator, dengan menyaring udara yang ada didekat kita. Lalu mengompres kepadatan yang dibutuhkan, selanjutnya mengirim oksigen kadar medis yang sudah dimurnikan ke sistem aliran berkelanjutan. Alat ini mempunyai filter khusus dan juga saringan yang bisa menghilangkan nitrogen. Kemudian jika udara yang dihasilkan sudah murni berupa oksigen, maka dapat digunakan kepada pasien. Selain itu dalam alat tersebut juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna elektronik, yang bertujuan agar bisa menyesuaikan tingkat konsentrasi pada oksigen, dan juga dapat mengatur laju oksigen. Pasien yang ingin menggunakan alat ini dapat menghirup oksigen dari masker khusus yang sudah disediakan atau kanula hidung.

Oxygen concentrator menggunakan suatu metode yang cerdas, sehingga dapat menghilangkan nitrogen dari udara. Oksigen murni yang dihasilkan oleh alat ini sebesar 96 persen. Padahal dalam suhu ruang terdapat 80 persen nitrogen dan oksigen sekitar 20 persen. Alat ini mampu mengubah udara yang ada disekitar dengan menggunakan 2 atau 1 filter yang berfungsi mengambil udara dan menyaringnya. Semua udara yang diproses tersebut dilakukan di dalam mesin. Dan setelah semua proses dilakukan, kita bisa menggunakan alat tersebut dengan aman.

Kita akan disarankan oleh dokter untuk menggunakan alat oxygen concentrator portable jika kondisi kita mengalami beberpa keluhan. Misalnya ketika tingkat saturasi oksigen rendah, sesak napas atau saluran pernapasan menjadi radang, mempunyai penyakit pneumonia atau radang pada paru-paru, atau untuk bayi yang menderita BPD ( bronchopulmonary dysplasia ). Dengan berbagai kondisi tersebut, dokter akan menyarankan kita untuk menggunakan alat tersebut dalam jangka panjang atau jangka pendek. Jika kita menggunakan oxygen conentrator portable, alat ini juga bisa digunakan untuk 24 jam, namun mesin juga harus istirahat sekitar satu jam. Meskipun kita mempunyai alat canggih ini, kita tetap perlu menyediakan tabung oksigen untuk digunakan sehari-hari.  Agar pada saat lampu mati kita tidak perlu bingung untuk menggunakannya. Alat ini menggunakan tegangan listrik, jika dirasa tegangan pada listrik agak berkurag atau tidak begitu stabil, kita bisa menggunakan stabilizer listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *