Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

Salah satu makanan sehat yang sangat mudah ditemukan adalah daun selada. Jenis sayuran ini sering disajikan sebagai lalapan atau salad. Memang ada banyak varian selada yang bisa anda temukan di pasaran, seperti selada iceberg, selada air, selada hijau, dan selada merah. Walaupun demikian, semua jenis selada tersebut memiliki banyak manfaat yang sama untuk kesehatan. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang manfaat selada untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Perlu diketahui bahwa selada ini kaya akan mineral, terutama kalsium. Apalagi kalau selada dikonsumsi secara mentah sehingga kandungan kalsiumnya lebih terjaga. Dimana, kalsium ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Bukan hanya itu, kalsium juga dapat meningkatkan fungsi otot, saraf, serta mencegah penyumbatan darah. Selain kalsium, selada juga mengandung fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Terutama untuk mencegah osteoporosis. 

  1. Mengandung Anti-Oksidan

Selada mengandung anti-oksidan terutama selada merah. Yang mana, anti-oksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan terlalu banyak paparan dari radikal bebas tentunya akan membuat tubuh lebih berisiko terkena berbagai macam penyakit. Bukan hanya itu, zat antisianin yang membuat selada berwarna merah ini juga merupakan antioksidan yang bisa mengurangi inflamasi serta mengurangi risiko penyakit jantung, seperti menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

  1. Menjaga Kesehatan Mata dan Supaya Awet Muda

Selain untuk kesehatan, selada juga bermanfaat untuk kecantikan. Dimana, selada ini kaya akan anti-oksidan beta karoten yang merupakan pigmen karoten yang bisa dirubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Tentunya vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga bisa membuat anda awet muda karena dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit. 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selada ini mengandung vitamin C yang bisa membuat daya tahan tubuh anda semakin kuat karena adanya anti-oksidan yang tinggi. Jadi, kalau tidak ada buah-buahan, anda bisa mengonsumsi selada untuk mendapatkan asupan vitamin C sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *