Tips Agar Rumah Nyaman dan Tenang Ditempati Keluarga

Sebagai orang kita Islam kita harus mempercayai hal yang gaib, salah satunya adalah meyakini keberadaan makhluk yang tidak kasat mata seperti jin. Makhluk jin ini sama seperti kita yang diciptakan oleh Allah Subhana wa Ta’ala untuk beribadah kepada-Nya. Jin ini tidak bisa terlihat oleh mata manusia, namun jin bisa melihat manusia.

Jin ini bisa tinggal di rumah kita dan terkadang suka mengganggu, terutama dari golongan jin kafir. Gangguan jin yang dirasakan manusia ini bisa beragam, mulai dari rasa cemas, gelisah, seperti diawasi, sering muncul bau wangi atau bau amis, dan lain sebagainya.

Tentunya gangguan ini akan membuat tidak nyaman penghuni rumah. Lalu bagaimana solusinya? Berikut artikel dan tips terbaru mengenai cara untuk meruqyah rumah secara Islami :

  • Lakukan Ibadah Di Dalam Rumah

Tips yang pertama agar rumah tidak diganggu jin adalah senantiasa menghidupkan rumah dengan ibadah. Dalam hal ini, anda bisa  melakukan sholat berjamaah bersama keluarga di rumah, mengaji, mengadakan pengkajian Islam, dan lain sebagainya.

Jadi, intinya jangan sampai rumah anda sepi dari aktivitas ibadah. Karena rumah yang sepi dari aktvitas ibadah akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi jin. Ada sebuah hadits yang mengatakan :

“Janganlah kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877).

  • Mengeluarkan Benda-Benda Hidup

Sebaiknya bersihkan di setiap sudut rumah dari gambar atau sesuatu yang bernyawa. Seperti foto, gambar hewan, maupun patung. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah yang berbunyi :

“Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung serta gambar-gambar (yang bernyawa),” (HR. Bukhari).

  • Baca Doa Saat Masuk Rumah

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya) : ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan :’Kalian mendapatkan tempat menginap,” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *