Adab dan Doa Bangun Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

8 Adab Ketika Bangun Tidur (1) - Islampos

Sebagai umat Islam kita perlu mengetahui dan mengamalkan doa bangun tidur setelah beristirahat di malam hari. Membaca atau mengamalkan doa bangun tidur menjadi salah satu adab tidur dalam Islam. Pasalnya, bangun tidur merupakan salah satu nikmat yang wajib disyukuri karena kita masih diberi kesempatan untuk hidup.

Dilansir dari NU Online, Imam al-Ghazali memberikan nasihatnya tentang adab tidur sebagaimana termaktub dalam risalahnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 434). Begitu pula ketika kita bangun tidur, hal pertama yang kita lakukan adalah berdoa.

Dengan posisi duduk tenang sembari memulihkan kesadaran dan keseimbangan badan, kita bisa mengucapkan doa bangun tidur yang diawali dengan bacaan hamdalah untuk memuji Allah subhânahu wata‘âlâ.

  • Doa Bangun Tidur

Muhammad bin’Abdullah bin Hafash At-Tusturi menceritakan kepada kami, Ya’qud bin Hamid bin Kasib menceritakan kepada kami, Syufan bin ‘Uyainah menceritakan kepada Ibnu’Ajla (Muhammad) dari Sa’id Al-Maqbari, dari Abu Hurairah R.A. dari Nabi SAW. Beliau bersabda :

“Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, maka doalah: Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan ruh kepadaku, menyehatkan tubuhku, dan mempersembahkan aku untuk mengingat-Nya.”

Karena itu, sudah sepatutnya kita memanjatkan doa bangun tidur. Bacaan doa sesudah bangun tidur adalah sebagai berikut :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Karena itu dipahami, hanya Allah SWT lah satu-satunya Dzat yang mampu menidurkan atau mematikan makhluk-Nya, di mana kemudian kita dihidupkan kembali. Hal ini tentu saja terjadi atas kehendak serta izin Allah SWT. Oleh sebab itu, umat Islam sudah sepatutnya untuk selalu mengucapkan rasa syukurnya. Terlebih atas segala rahmat dan berkah yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Dengan demikian, hidup para muslim dan muslimah akan mendapatkan manfaat dan keberkahan yang berlimpah. Selain berdoa, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk melakukan adab-adab sesudah bangun tidur, diantaranya adalah :

  1. Duduk dan mengusap wajah,
  2. Membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran,
  3. Mencuci tangan,
  4. Membersihkan hidung,
  5. Bersiwak atau menggosok gigi, dan
  6. Berwudhu

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga membaca doa untuk meminta perlindungan dari sempitnya tempat di hari kiamat. Diriwayatkan dalam hadist lain, Rasulullah SAW saat bangun tidur juga membaca sepuluh ayat terakhir dari Surat Ali Imran. Tidak hanya sebagai pengingat diri kepada Allah SWT sebagai Sang Maha Pemilik Kehidupan, doa sebelum dan sesudah bangun tidur pun memiliki banyak manfaat.Berikut adalahmanfaat dari doa sebelum dan sesudah bangun tidur.

  • Manfaat Berdoa Sesudah Bangun Tidur

Disaat tidur, bisa jadi kita tidakbisa bangun lagi. Karenanya, saat bangun tidur dan kita masih bisa merasakan kehidupan, sudah selayaknya kita bersyukur kepada Allah SWT yaitu dengan cara berdoa. Membaca doa ketika bangun tidur merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT karena Allah SWT masih menjaga kita saat tidur dan memberikan kesempatan kepada kita untuk bangun serta menjalankan aktivitas seperti biasa.

Itulah doa yang selayaknya kita panjatkan ketika kita bangun tidur. Selain itu terdapat pula adab yang perlu kita lakukan sesuai ajaran Rasulullah SAW agar kita diberikan keberkahan dan keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *