Mengenal Pengertian KPJ Dan Cara Cek Nomornya Secara Online

4 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

Kamu kini bisa cek nomor KPJ secara online melalui beberapa metode. Karyawan yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan status aktif tentunya memiliki nomor KPJ. Sebenarnya KPJ itu apa?

KPJ adalah singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek, karena Jamsostek saat ini sudah dikenal juga dengan sebutan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga bisa juga disebut KPJ BPJS Ketenagakerjaan. Dengan memiliki KPJ, maka kamu nantinya bisa mendapatkan sebuah jaminan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja. Selain itu, didalam KPJ juga terdapat nomor yang sangat penting, dimana nomor KPJ tersebut nantinya menjadi tanda pengenal kepesertaan kamu.

Dengan demikian, nomor KPJ sangat penting untuk diketahui karena jika kartunya hilang dan tidak mengetahui detail nomornya, maka hal itu akan menyulitkan kamu saat cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Namun rupanya kamu masih bisa mengetahui nomor KPJ dengan hanya memasukkan NIK KTP saja.

Lantas bagaimana cara cek nomor KPJ secara online? Yuk cari tahu jawabannya dengan menyimak penjelasan dibawah ini !

Cek Nomor KPJ Online Melalui Situs Web

Adapun cara cek KPJ online melalui situs web adalah sebagai berikut :

  • Buka peramban di perangkat yang kamu gunakan (HP, PC, atau laptop).
  • Selanjutnya mengunjungi laman BPJS Ketenagakerjaan di alamat sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Silahkan login dengan memasukkan alamat email dan password yang terdaftar.
  • Setelah itu melakukan verifikasi dengan mengikuti instruksi yang ditampilkan, lalu klik tombol ‘Saya bukan robot’.
  • Lalu klik login untuk cek nomor KPJ.
  • Pilih menu ‘Cek kartu digital’, kemudian kamu bisa melihat nomor KPJ di kartu digital tersebut.
  • Terakhir, kamu bisa catat atau melakukan tangkapan layar pada kartu digital tersebut agar tidak lupa dengan nomor KPJ pribadi.
  • Cek Nomor KPJ Online Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara cek nomor KPJ online selanjutnya adalah melalui aplikasi BPJSTKU. Selain cek nomor KPJ, kamu pun bisa cek saldo didalamnya melalui aplikasi BPJSTKU ini. Namun untuk bisa mengetahui nomor KPJ dan saldo, kamu harus terdaftar terlebih dahulu di aplikasi BPJSTKU. Kamu tidak bisa cek nomor KPJ dan saldo melalui apilikasi ini jika belum pernah mendaftar.

Saat mendaftar sebagai pengguna baru aplikasi BPJSTKU, kamu perlu memasukkan nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ). Adapun cara cek nomor KPJ online melalui aplikasi BPJSTKU adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi BPJSTKU di ponsel kamu.
  • Kemudian, masukkan email dan password.
  • Silahkan klik opsi kartu digital.
  • Nomor KPJ akan muncul dilayar ponsel kamu.
  • Dan selesai.

Cek Nomor KPJ Online Melalui Call Center

Jika dalam keadaan mendesak dan kamu perlu mengetahui nomor KPJ dengan cepat, maka jawabannya adalah menghubungi call center. Kamu bisa melakukan panggilan ke pusat panggilan di nomor 175 dan pastikan melakukannya pada jam kerja. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki ketersediaan pulsa telepon yang cukup.

Begitu kamu terhubung dengan petugas, silahkan sampaikan tujuanmu menghubunginya bahwa kamu ingin mengetahui nomor KPJ. Petugas biasanya akan meminta beberapa informasi pribadi, contohnya NIK KTP yang akan digunakan untuk verifikasi data.

  • Cek Nomor KPJ Online Melalui WhatsApp

Cara cek nomor KPJ secara online lainnya adalah melalui WhatsApp. Kamu bisa mengirimkan pesan singkat ke nomor 08119115910 atau 08551500910. Layanan WhatApp tersebut berlaku mulai dari jam 06.00 hingga 22.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *