Syarat & Tata Cara Menyembelih Ayam yang Benar Menurut Islam

Doa Menyembelih Hewan: Bebek, Ayam, Itik, Sapi dan Lainnya

Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa adanya asupan makanan, manusia tidak akan tumbuh dengan baik dan berisiko terserang penyakit. Karenanya, Allah memberkati umat-Nya dengan hewan-hewan yang bisa dikonsumsi. Dalam ajaran agama Isla, hewan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Allah telah menentukan hewan mana yang diperbolehkan dan dilarang untuk dikonsumsi umatNya.

Salah satu syaratnya adalah hewan yang mati bukan karena disembelih atau bangkai. Dikutip dari buku Makanan yang Halal dan Haram oleh Suryana, binatang yang akan dimakan harus disembelih dengan menyebut nama Allah. Syarat tersebut berlaku untuk semua hewan yang halal, tidak terkecuali ayam.

Ayam adalah salah satu hewan yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Namun banyak umat Muslim yang mengonsumsinya tanpa mengetahui darimana ayam tersebut berasal, darimana atau bagaimana proses menyembelihnya.

Pasalnya titik kritis untuk mendapatkan daging ini adalah ketika proses penyembelihan, di mana daging ayam yang kita makan disembelih sesuai dengan syariat atau tidak. Jika ayam tersebut disembelih tanpa memenuhi persyaratan penyembelihan sesuai syariat Islam, maka ayam tersebut haram untuk dikonsumsi umat Muslim.

Karenanya, penting untuk setiap muslim mengetahui doa dan tata cara menyembelih ayam. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Doa Menyembelih Ayam & Hewan Kurban

Di bawah ini adalah bacaan doa menyembelih ayam dan hewan kurban sebagaimana dikutip dari laman NU Online.

  • Doa Menyembelih Ayam

Bismillaahi wallaahu akbar (Allahumma minka wa lak) Allahumma taqabbal minii

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. (Ya Allah, semua ini dari-Mu dan karena-Mu). Ya Allah, terimalah ini dariku.”

  • Doa Menyembelih Hewan Kurban

Allahuma hadzihi minka wa ilaika, fataabbal minni ya karim

Artinya:

Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.

Syarat dan Tata Cara Menyembelih Ayam

Di kutip dari buku Fikih Kuliner oleh Abdul Wahab Abdussalam Thawilah, berikut dijelaskan tata cara menyembelih ayam sesuai syariat Islam, yaitu:

  1. Pertama, sebelum disembelih, ayam diberikan air minum terlebih dahulu
  2. Lalu, disunnahkan untuk menyembelih menggunakan pisau logam yang tajam agar ayam yang disembelih tidak kesakitan. Apabila tidak ada, dimakruhkan memakai pisau dengan bahan yang lain.
  3. Dimakruhkan menyembelih ayam di tempat yang bisa dilihat binatang lain karena akan menakutkan mereka.
  4. Disunnahkan untuk membaringkan ayam dengan lembut di sisi kirinya agar jagal bisa menyembelih dengan tangan kanan dan memegang kepalanya dengan tangan kiri.
  5. Disunnahkan untuk menghadapkan ayam yang akan disembelih ke arah kiblat, karena itulah arah yang dimuliakan.
  6. Dianjurkan menyembelih ayam di tenggorokan dan dimakruhkan memotong kepala hingga putus atau menyembelih dari tengkuk.
  7. Sebelum ayam disembelih, wajib membaca bismillah, sholawat, takbir, tahmid, dan doa menyembelih.
  8. Jagal disunnahkan untuk menggorok pisau dengan cepat dan kuat untuk memotong tenggorongkan, kerongkongan, dan dua pembuluh darah leher. Itulah cara yang lebih menenangkan untuk ayam yang disembelih.
  9. Dimakruhkan untuk mematahkan leher dan tulang belakang.
  10. Dimakruhkan untuk menguliti ayam sebelum mati dan dingin, karena hal tersebut dianggap sebagai penyiksaan.

Itulah doa, syarat dan tata cara menyembelih ayam sesuai dengan syariat Islam yang perlu umat Muslim ketahui, agar makanan yang kita konsumsi tidak menjadi haram. Wallahualam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *