Rekomendasi Rumah Sakit di Jakarta Untuk Medical Check Up

15 Rekomendasi Rumah Sakit Umum dengan Fasilitas Lengkap di Jakarta |  Popmama.com

Medical Check Up adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mendeteksi penyakit atau gangguan kesehatan sejak dini.

Cek kesehatan secara rutin bisa membantu mengevaluasi keadaan kesehatan anda dan membantu mendiagnosis potensi penyakit/masalah lain yang mungkin bisa muncul di masa yang akan datang.

Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan berbagai tes dan skrining pencegahan guna membantu mendeteksi risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, hipertensi, Diabetes Melitus, Gangguan Penglihatan, Gangguan Pendengaran, Penyakit Darah, Kelainan Lemak Darah, dan lain sebagainya.

Persiapan Sebelum Medical Check Up

Tanyakan kepada dokter atau petugas medis mengenai perlu atau tidaknya berpuasa sebelum menjalani pemeriksaan. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk membawa data medis hasil pemeriksaan sebelumnya.

Sebelum pemeriksaan dimulai, anda akan diminta menuliskan obat-obatan yang rutin anda konsumsi, dan mengisi kuisioner terkait kondisi kesehatan terkini dan riwayat kesehatan terdahulu. Pada saat hendak melakukan pemeriksaan, mintalah pasangan, keluarga atau kerabat lain untuk mendampingi anda.

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Diabetes

Pemeriksaan kesehatan untuk diabetes ini sudah termasuk tes kadar gula darah puasa. Hal ini dilakukan untuk mengukur jumlah glukosa dalam darah setelah puasa (tidak makan selama beberapa waktu). Biasanya hal ini dilakukan sebelum anda sarapan. Jadi, anda jangan makan atau minum apapun 1-2 jam sebelum melakukan cek kesehatan.

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Tulang

Seiiring bertambahnya usia maka risiko mengalami kerapuhan pada tulang (osteoporosis) pun akan semakin meningkat. Baik itu pada pria maupun wanita. Sehingga, pemeriksaan kepadatan tulang ini bisa membantu menjaga kesehatan tulang anda. Pada umumnya, osteporosis ini terjadi pada usia 50 tahun ke atas. Sehingga bagi anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas sebaiknya melakukan pemeriksaan kepadatan tulang. 

Rekomendasi Rumah Sakit di Jakarta

Untuk bisa melakukan cek up kesehatan anda bisa melakukan di puskesmas, klinik kesehatan atau rumah sakit.

Nah, jika anda berdomisili di Jakarta dan hendak melakukan medical cek kesehatan di rumah sakit atau melakukan pengobatan, berikut kami rangkum daftar rekomendasi rumah sakit di Jakarta dengan fasilitas lengkap:

  • RSU Bunda Jakarta

Sesuai dengan motto-nya ‘Memberikan Perawatan Terbaik untuk Keluarga Anda’, RSU Bunda bisa dimasukkan ke dalam daftar rumah sakit dengan kualitas pelayanan yang baik.

Rumah sakit yang berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 21 Menteng, Jakarta Pusat, ini menyedidkan pelayanan medis berkualitas, yang meliputi layanan spesialis dan sub spesialis, peralatan medis modern dan bedah terbaik untuk masyarakat. Selain itu, RSU Bunda Jakarta juga akan terus mengembangkan layanannya dengan teknologi medis terkini.

  • Rumah Sakit Umum Jakarta Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Rumah sakit yang beralamat di Jl. Pangeran Diponegoro No. 71, RW.5, Kenari, Kota Jakarta Pusat, ini memiliki beberapa misi, salah satunya adalah memberikan pelayanan paripurna dan bermutu serta terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Selain itu, RSCM juga memiliki beberapa layanan unggulan yang memiliki kualitas baik.

  • RSUP Fatmawati

RSUP Fatmawati menyediakan berbagai layanan penunjang yang lengkap seperti instalasi gawat darurat 24 jam, pelayanan medical chek-up, pelayanan sentra vaksinasi umroh, klinik tumbuh kembang, dan lain sebagainya.

Sementara untuk rawat inap, rumah sakit yang berlokasi di Jalan TB Simatupang No. 18, Cilandak, Jakarta Selatan ini terdiri dari ruang kelas 1, 2, 3, serta kelas VIP dan VVIP. Selain itu, ada juga ruang high care unit (HCU), ruang perawatan ibu dan bayi, serta stroke center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *